ORGANIZATION OF KIDS EDUCATION Solusi Untuk Prestasi Buah Hati..! Hp/WA: +62 896 5219 2502 PIN BBM:596AA8AA / 5BA4F51F

Thursday, February 6, 2014

Beasiswa Kuliah

Dunia perkuliahan adalah dunia pendidikan tingkat lanjut yang akan ditempuh seorang pelajar setelah ia lulus dari SMA. Dan dengan semakin tingginya tingkat pendidikan, biaya pendidikan yang dibutuhkan pun semakin besar. Mungkin ketika 5 tahun yang lalu, biaya perkuliahan masih bisa tergolong murah, terutama untuk universitas negeri. Tapi saat ini, biaya perkuliahan sudah semakin tinggi, begitu pula biaya perkuliahan pada universitas negeri. Sehingga dengan adanya kondisi seperti ini, keberadaan beasiswa kuliah adalah salah satu hal yang paling dicari saat ini. Karena beasiswa kuliah ini tentu saja dapat membantu biaya perkuliahan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia perkuliahan.
Lalu bagaimana caranya agar seorang calon mahasiswa baru ataupun mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa kuliah sesuai dengan prosedur yang berlaku? Pada dasarnya, setiap universitas memiliki syarat-syarat tersendiri yang berbeda-beda. Akan tetapi pada dasarnya, persyaratan utama untuk mendapatkan beasiswa kuliah secara gratis adalah benar-benar bukan berasal dari keluarga yang mampu/kaya. Kenapa hal ini menjadi persyaratan utama? Karena sebenarnya beasiswa kuliah ditujukan kepada mahasiswa/i yang berasal dari keluarga kurang mampu, sehingga ia dan keluarganya mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan biaya perkuliahan. Dan sudah sepantasnya golongan mereka ini yang paling berhak mendapatkan beasiswa kuliah tersebut.
Sedangkan persyaratan-persyaratan lain yang dibutuhkan untuk mendapatkan beasiswa kuliah adalah tentu saja benar-benar mahasiswa pada universitas yang memberikan beasiswa tersebut, memiliki prestasi yang baik di jurusan tempatnya menempuh perkuliahan, berkelakuan baik dan benar-benar dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Kemudian melengkapi formulir-formulir data beasiswa yang dibutuhkan dan mengumpulkan sebelum waktu berakhirnya pengajuan beasiswa kuliah tersebut.
Beasiswa kuliah yang diberikan ini biasanya disponsori oleh pihak-pihak selain universitas. Beasiswa kuliah ini biasa disponsori oleh perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia seperti Djarum Foundation, perusahaan-perusahaan asing ataupun beasiswa kuliah yang berasal dari lembaga pendidikan dari luar negeri.  Dan khusus untuk beasiswa dari lembaga pendidikan luar negeri ini biasanya mengajukan persyaratan khusus seperti memiliki nilai dengan batas minimum sesuai dengan peraturan dari lembaga pendidikan tersebut dan bersedia diminta untuk bekerja pada salah satu perusahaan yang bekerja dengan lembaga pendidikan tersebut.
Beasiswa Kuliah
Beasiswa Kuliah
Rata-rata beasiswa kuliah yang diberikan secara gratis ini memiliki masa berlaku yang berbeda. Ada jenis beasiswa yang masa berlakunya hanya satu semester perkuliaha, ada pula yang berlaku selama setahun. Lalu apa yang harus dilakukan si pemegang beasiswa jika masa beasiswa kuliahnya telah habis? Ia harus mengikuti kembali seleksi beasiswa kuliah dan melengkapi persyaratan yang berlaku. Tidak ada jaminan 100% yang bisa menjamin bahwa seorang mahasiswa akan dapat secara kontinyu mendapat beasiswa kuliah gratis, walaupun kebanyakan akan mendapatkan beasiswa kuliah secara kontinyu.
Lalu, jika sudah mendapatkan beasiswa kuliah ini, dapat digunakan untuk keperluan apa saja? Sebenarnya akan digunakan untuk keperluan apa beasiswa kuliah yang diperoleh ini kembali lagi kepada mahasiswa/i pemegang beasiswa tersebut. Rata-rata beasiswa kuliah yang diperoleh akan digunakan untuk membayar biaya perkuliahan setiap semesternya, membayar biaya praktikum, melengkapi buku-buku kuliah ataupun untuk membantu memenuhi biaya kebutuhan sehari-hari, seperti biaya kos dan uang makan.
Terkadang, seorang mahasiswa/i penerima beasiswa kuliah dapat menabung sedikit dari beasiswa kuliah yang diberikan untuk keperluan mendadak. Untuk apa penggunaan beasiswa kuliah yang didapatkan sah-sah saja, selama hal tersebut memang dipergunakan sebaik-baiknya dan tidak dipergunakan untuk hal-hal lain yang tidak mampu menunjang perkuliahannya. Karena jika hal ini sampai terjadi, tentu saja adalah suatu hal yang sangat disayangkan.
Dalam proses seleksi penerimaan beasiswa kuliah, bukannya tak luput dari pemalsuan yang dilakukan mahasiswa/i yang mengajukan permohonan beasiswa kuliah tersebut. Pemalsuan yang mereka lakukan misalnya dengan memalsukan kartu keluarga dan alamat yang diisi pada formulir pengajuan beasiswa kuliah hingga sengaja meminjam rumah orang lain yang tergolong pada keluarga tidak mampu, ketika pihak pemberi beasiswa kuliah akan melakukan survey tempat tinggal. Alangkah baiknya jika  selalu jujur dalam mengajukan beasiswa kuliah yang ditawarkan. Sehingga beasiswa kuliah tersbut benar-benar diperoleh oleh mereka yang berhak dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
Source gambar : http://www.infobeasiswas1.com/infobeasiswas1.jpg
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Selamat Datang Di Lembaga Bimbingan Belajar OKE (ORGANIZATION OF KIDS EDUCATION)... Prestasi Buah Hati Anda,Kami Solusinya ... Selamat Datang Di Lembaga Bimbingan Belajar OKE (ORGANIZATION OF KIDS EDUCATION)... Prestasi Buah Hati Anda,Kami Solusinya ....

Selamat Datang Anda Pengunjung Ke

Blog Archive

Lembaga Bimbingan Belajar OKE. Powered by Blogger.

Blog Archive

Theme Support